JERAWATZ..???


MERAWAT JERAWAT

Jerawat

Jerawat

KULIT berjerawat itu bakat. Yang kulitnya berbakat jerawat perlu lebih intens membasuh kulit wajah dengan air sabun lunak suam-suam kuku. Tujuannya membebaskan kulit wajah dari kotoran dan kuman.

Yang berbakat jerawat perlu membatasi menu berlemaknya. Tidak sembarang memegang kulit wajah dengan jemari tangan. Tidak juga mencukil, memijit atau menggaruk kulit wajah. Kulit berbakat jerawat lebih peka terhadap rangsangan, dan keadaan tidak suci hama.

Selain itu perlu jiwa yang tenang, ketegangan dan stress menambah buruk jerawat. Setiap kali jerawat muncul redam dengan krim atau salep anti jerawat, sambil memelihara kebersihan wajah. Kalau jerawat sudah terlanjur terinfeksi, mungkin akibat dipegang-pegang jemari tangan (yang kotor), lalu terbentuk bisul pada jerawat, sehingga perlu perawatan dan obat antibiotika.

Memijat jerawat yang berbisul yang akan menyisakan luka parut bekas jerawat yang tidak bisa dipulihkan. Selain langsung meredam setiap kali jerawat muncul, setiap malam hari kulit dimasker dengan bedak kocok (lotio kumerfeldii) yang dapat dibeli bebas di apotek. Bedak cair khusus ini untuk mengecilkan pori-pori kulit, dan mengeringkan jerawat. Baru pagu harinya bekas bedaknya dibersihkan dengan air sabun.

Selain obat kulit topical, adakalanya pengidap jerawat perlu obat minum juga. Mungkin obat antibiotika, selain perlu vitamin pemberi makan kulit (khususnya vitamin A asam, vitamin E, dan vitamin C), banyak minum, mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur mayur,

Hati-hati memilih obat jerawat yang mengandung obat corticosteroid. Benar dengan oat golongan itu jerawat lekas mengering, namun menyisakan bekas bercak hitam di kulit. Maka untuk amannya, mintalah resep jerawat pada dokter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s