Rekor of The worLd_Upacara Bendera di Laut Bunaken


Bunaken Oceans..

Bunaken Oceans..

Ada yang baru pada perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 64 tahun 2009 ini. Upacara bendera kali ini akan dilakukan di bawah laut!

Dengan komando dari TNI-AL, sebanyak 2.200 penyelam akan melakukan upacara bendera di bawah laut Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. Upacara bendera di bawah air tersebut dilakukan sama persis dengan upacara yang biasa dilakukan di lapangan upacara. Akan ada pengibaran bendera Merah Putih, bahkan lagu kebangsaan Indonesia Raya juga akan dikumandangkan dari bawah air. Dalam upacara yang akan berlangsung selama 15 menit ini, bendera Merah Putih untuk pertama kalinya dikibarkan di bawah laut pada kedalaman sekitar 15 meter.

Pelaksanaan upacara bendera bawah laut ini bertepatan dengan detik-detik proklamasi pada tanggal 17 Agustus 2009 nanti. Hingga saat ini persiapan dari upaya untuk memecahkan rekor dunia yakni upacara bendera dibawah laut dengan peserta terbesar telah dilakukan. Saat ini rekor tersebut masih di tangan Pakistan dengan 925 penyelam.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Sail Bunaken 2009 yang berlangsung di Manado pada tanggal 11-19 Agustus 2009. Selain upacara bendera di bawah air, rangkaian acara bertajuk “Sail Bunaken 2009″ ini antara lain olahraga bahari, kirab kota, dan parade kapal perang internasional yang diikuti oleh 40 negara. Kegiatan puncaknya adalah International Fleet Review (IFR).

IFR merupakan parade kapal perang yang rencananya akan diinspeksi oleh Kepala Negara yang juga Panglima Tertinggi TNI. Saat ini ada 24 kapal perang asing yang akan bergabung. Ditambah 20 kapal dari Indonesia. Demikian menurut Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul.

14 negara yang akan hadir beserta kapalnya adalah Amerika Serikat, Australia, Brasil, India, Inggris, Jepang, Malaysia, Pakistan, RRC, Rusia, Selandia Baru, Singapura, dan Thailand. Jumlah tersebut masih ditambah delegasi dari 15 negara, seperti Belanda dan Portugal.

Kegiatan lain yang disenggarakan, antara lain reli kapal-kapal pesiar dari luar negeri yang akan diikuti lebih dari 100 kapal, seminar maritime security and fishing impact, parade budaya dan makanan nusantara, dan jet ski exhibition.

Direncanakan seluruh komponen bangsa akan ikut dalam peringatan HUT kemerdekaan di bawah air ini, yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri), Organisasi kepemudaan dan seluruh elemen masyarakat, berkenaan dengan Sail Bunaken.

Sementara Upacara bendera di bawah air ini, akan menjadi salah satu acara yang paling menarik sekaligus memecahkan rekor dunia, karena bertepatan dengan Sail Bunaken yang dihadiri oleh ribuan orang dari seluruh dunia.

Sumber : dreamindonesia.wordpress.com

2 thoughts on “Rekor of The worLd_Upacara Bendera di Laut Bunaken

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s