TeLaTttzzzz…..apa..TiDaK datAng…???^^


Kebanyakan perempuan pernah mengalaminya,, khususnya…tentang permasalahan kapan “datang”nya..”bulanan” itu…Dan ternyata selain menunggu bulanan gaji, seorang perempuan pun menunggu bulanan yang sangat penting lainnya..menyangkut “kewanitaan”….hheeeeee….yapz,,betull..itu dia..

“HAID”…^^

Untuk itu,,ayo kita gali ilmu tentang “Tamu” bulanan yang juga membantu berjalannya fungsi kerja dari organ badan kita….

Marriiiii…^^

TIDAK HAID-HAID

( “AMENORRHOE” )

Kasus tidak haid ada yang primer kalau sejak awal seorang wanita belum pernah mengalami mens. Kemungkinan ada kelainan genetik, atau cacat organ reproduksi bawaan. Untuk tahu apa saja penyebabnya, perlu diperiksa macam-macam. Maka kalau lewat usia pubertas masih belum mens, perlu dipikirkan kemungkinan kasus ini.

Pelacakan juga perlu dilakukan sampai ke kelenjar gondok (thyroid), kelenjar anak ginjal (glandulla suprarenalis), kelenjar ludah perut (pancreas), selain memeriksa kondisi kelenjar di otak juga. Mereka yang kegemukan, dan punya gangguan jiwa, haidnya bisa saja tidak pernah muncul juga.

Jenis tidak haid yang sekunder, awalnya kasus demikian sudah pernah mens, tetapi belakangan tidak mens lagi. Disebut amenorrhoe sekunder bila yang tadinya biasa datang haid, kemudian tiga bulan berturut-turut mens tak lagi datang. Penyebabnya bisa karena kekurangan gizi, ada penyakit lama (kronik), atau mungkin mengidap tumor kandungan (rahim, indung telur), selain kemungkinan ada infeksi di sana. Wanita yang berat badannya kurang dari 40 kg, dan yang berprofesi sebagai atlet, bisa juga mengalami keadaan tidak haid juga.

Jika seseorang mengalami demikian, untuk mengoreksinya tidaklah pelik. Kecuali kalau tidak merasa, atau terbukti punya tumor kandungan. Mereka merasa ada yang membesar di perut bagian bawah, atau rasa penuh tergolong kasus yang tidak haid-haid begini. Atau pernah sering merasa nyeri perut bawah, disertai demam, yang mungkin datan berulang.

begitulahhhhh,,jadi hati2 yaa..dan musti rajin periksa jugaa..

^^o

nb:..

sumber buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s